top of page
Search
  • Writer's pictureAlifia Dewi Prabandini

Pengen S1 di Luar Negeri GRATIS, Emang Mungkin?

Mungkin banget dong! Aku mau nge-share beberapa beasiswa yang bisa banget kamu apply. Tapi, sebelum mulai kenalan sama program-programnya, Aku mau ngenalin hal-hal yang bisa banget bantu untuk daftar kuliah di Luar Negeri:

  1. Kenalin diri kamu dan jurusan yang kamu banget! (Jangan cuman, ya kata orang ini aja lah. Tapi, yang kamu tahu kenapa sih kamu mau, beberapa tahun kedepan kamu mau ngapain sih dengan jurusan ini, apa sih yang bisa kamu bagikan setelah belajar kuliah ini, dan lain-lain)

  2. Catet! Pasang Alarm di Kalender kamu! Biasanya beasiswa-beasiswa ini, tuh, tenggat bukanya sebentar banget kurang dari sebulan. Jadi perlu banget, dicatet di kalender dan siapin persyaratan-persyaratan umum dari jauh-jauh hari.

  3. Belajar nulis personal statement dan minta oranglain untuk me-review. Oh iya, seringkali menulisnya harus pakai bahasa Inggris, kan. Nah, kalau kamu khawatir grammar-nya keliru, bisa minta tolong grammar.ly buat bantu kamu menilai tulisan tersebut.

  4. Siapkan mental, harus banget mau baca setiap hand-out yang sudah diberikan, lakukan yang terbaik, baca doa, dan serahkan pada yang mengatur kehidupan, Allah.

Ini program-program yang bisa kamu apply untuk dapat gratis sekolah S1

Gakubu - Monbukagusho (MEXT)

Monbukagusho (MEXT) Ini program dari pemerintah Jepang untuk siswa-siswa internasional yang ingin sekolah di Jepang, ada untuk program D3, S1, S2, sampe S3. Nah, yang untuk S1 itu, nama programnya Gakubu. Beasiswanya 100% mulai dari tiket, living cost, biaya universitas, asuransi, sampai uang jajan.


Untuk ngintip program ini bisa langsung search: "Gakubu 202X" (Tergantung tahun kamu daftar). Ini Link untuk tahun 2021, sebagai gambaran buat kamu (karena biasanya nggak berubah drastis, kok): https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html.


Mitsui Bussan

Nah, ini program scholarship yang sedang dijalani oleh youtuber terkenal di Indonesia, Jerome Pollin Sijabar (Youtube Channel: Nihongo Mantappu). Untuk liat lebih lanjut tentang program ini boleh, check-out: https://www.mbkscholarship-id.com/

Global Korean Scholarship (GKS/KGSP)

Kalau liat Korea di Drakor, cakep banget, nggak sih?! Kamu bisa, loh, daftar program ini! 100% GRATIS. Program ini dibagi jadi dua cara daftar, lewat embassy dan university track (Program khusus Natural Science)


Search langsung "GKS 2021 for Undergraduate". Contoh application guidlines 2021 yang diakses dari link: http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2707/view.do?seq=761417

Turkiye Burslari

Negeri dua benua ini, Turki, juga menyediakan program fully funded scholarship buat S1, lho! Informasi lebih lanjut bisa intip link: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/

China Government Scholarship (CGS)

Ada pepatah yang bilang "belajar lah sampai ke Negeri China!" Ayo wujudkan mimpi kamu yang ingin melanjutkan sekolah S1 (lagi-lagi 100% Gratis) ke negeri China.


Brunei Darussalam Government Scholarship (BDGS)

Tetangga kita yang satu ini juga punya program untuk S1, loh! Intip langsung ke: http://www.mfa.gov.bn/Pages/BDGS2020backup.aspx

Universities Program

Banyaaaaaak banget juga program-program beasiswa yang disediaiin sama universitas-universitas luar negeri. Ada yang mencangkup living cost, ada yang 100% gratis SPP, ada yang partial SPP. (Contoh program ini: KAIST) Asal kamu rajin baca-baca, pasti ketemu, kok!


Aku sempet daftar di semua program kecuali Mitsui Bussan, Universities Program dan CGS (Ini karena telat, sih, hehe). Stay tune untuk cerita pengalaman aku yaaa!


PS. Foto yang dijadiin display adalah snap yang aku kirim ke temen pas lagi deg-degan mau ujian tahap dua MEXT

105 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page